3- Merapat

Yang Suka Belanja Setelah Nonton Drama Korea Merapat!

Nailah Fitri
August 23, 2016

Yang Suka Belanja Setelah Nonton Drama Korea Merapat!

Drama Korea & Sales

 

Beberapa minggu yang lalu sempat terjadi kehebohan (oke agak lebay), jadi apa yang membuat heboh? Tidak lain tidak bukan adalah…..

tas

Iya betul ini gambar Park Shin Hye si dokter cantik di drama Doctors, tapi yang bikin heboh bukan Park Shin Hye ini sendiri melainkan tas yang sedang dipegangnya di foto. Foto ini sendiri merupakan salah satu adegan yang ada di drama Doctors.

Tas simple berwarna biru yang diproduksi 1.000 buah ini mendadak langka dan ludes dalam waktu kurang dari sebulan karena numpang “in frame” di drama Doctors. Tas ini adalah Tas Bruno Magli dengan nama “Rosa”. Tas Park Shin Hye ini merupakan tas buatan Italia, berbahan kanvas dan kulit dengan  harga 218 won atau sekitar Rp 2,4 Juta untuk tiap unitnya.

Bukan hanya ini, kejadian produk menjadi booming dan laku keras setelah numpang muncul di drama korea. Drama dokter cantik sebelumnya, yaitu Descendants of The Sun (dramanya juga hits anyway, cerita tentara flirting-an ama dokter) juga menjadi penyebab meroketnya beberapa penjualan produk, yang nyempil di salah satu atau beberapa adegan.

1

Lipstik ini merupakan produk Amore Pacific PPL “Laneige Two Tone Lipbalm” yang digunakan Song Hye Kyo di drama Descendants of The Sun. Karena muncul di drama ini, di bulan Maret 2016 menghasilkan kenaikan penjualan hingga 556% dibandingkan dengan bulan Februari.

2

 

Kapten Yoo Si Jin yang imut ini (oke salah fokus), sering muncul sambil ngemut gingseng merah kemasan milik Korea Ginseng Corp (KGC) di drama “Descendants of The Sun”. Kebiasaan ngemut Gingseng Merah kemasan dengan merek Cheong Kwan Jang Red Ginseng Everytime inilah yang menjadi penyebab produk ini sangat dicari sehingga membuat penjualan meningkat sebesar 176 %. Bahkan wisatawan khusus mencari produk ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke negara asal.

Kondisi konsumen yang sangat menghindari iklan karena dipikir menganggu, membuat brand memutar otak untuk menemukan cara beriklan yang lebih “ramah”. Mengenal dengan baik target audience adalah salah satu caranya, membuat target senang dan nyaman meskipun tetap di-exposure produk, harus dilakukan. Drama Korea, dengan target audience utama adalah perempuan dengan segala usia yang sebenarnya memang konsumtif namun cenderung tidak ingin dipaksa dengan iklan-iklan tv secara terus menerus dalam hal keputusan membeli.

Kekaguman dan ketertarikan target audience dengan para bintang drama Korea dan jalan ceritanya, membuat mereka lebih mudah tertarik juga dengan segala yang digunakan, dimakan bahkan dilakukan. Lalu kenapa tidak gunakan para bintang ini menjadi “pemakai” brand di dalam cerita drama Korea? Tidak ada yang merasa dipaksa melihat iklan, karena brand menjadi bagian dari cerita itu sendiri.

Tas Park Shin Hye lucu, simple tapi cantik! Beli dimana? Apa mereknya?

Kenapa Song Hye Kyo cantik? Make up-nya. Apa merek make up-nya?

Yang diemut Song Joong Ki apaan sih? Enak gak? Kalau mau beli dimana?

Mereka seakan sudah percaya meskipun yang melakukan product experience adalah idola mereka, bukan mereka sendiri. Meskipun belum tentu hasilnya bagus atau cocok mereka pakai, yang penting usaha kan? :”)

 

cie lipen

http://gustidha.blogspot.co.id/2016/04/review-lipstick-laneige-ala-kang-mo-yeon.html

 

 

 

Written by : Nailah Fitri