5- Tips Bekerja

Tips Tetap Produktif Bekerja dari Rumah

Cesari Rizky
August 25, 2016

Tren bekerja secara remote dari rumah menjadi hal yang lumrah sekarang ini. Baik freelancer, mompreneur, maupun pekerja kantoran yang membawa pekerjaannya ke rumah tentu ingin tetap produktif selama bekerja di rumah. Terkadang, karena bekerja di rumah, kita cenderung tidak bisa konsentrasi ataupun mudah terdistraksi hal-hal kecil lainnya. Tapi, sebetulnya bekerja di rumah justru membuat kita lebih cermat dan produktif asal kita tahu triknya. Yuk, simak tips berikut!

 

  1. Buat Area Kerja Senyaman Mungkin

Produktifitas kerja berawal dari area tempat pekerjaan itu dilakukan. Oleh karena itu, jika kita harus bekerja di rumah, dedikasikanlah sebuah area ataupun ruangan khusus yang nyaman. Meskipun di rumah, tetaplah gunakan meja kerja agar kita bisa tetap fokus bekerja bukan untuk bersantai. Cari spot yang dekat dengan jendela agar sinar matahari dan udara segar bisa tetap masuk.

 

Workspace Inspo and Image Regram thanks @jeremiahbrent for @ruemagazine πŸ“· @monicawangphoto based in the US. Spotter πŸ‘€ thanks @formanpictureframing ❀❀❀ US Designer @jeremiahbrent recently designed this space for a client and we adore the result. Hints of brass and gold πŸ’› give this workspace a really sophisticated look and we also love the desk placement…in an age of wifi and laptops desks can be placed this way instead of the traditional facing the wall set up…try it!πŸ˜‰ Shop the Look πŸ’³ Lamp Target for @nateberkus Similar Chair Vegan Chair by Meelano

A photo posted by The Workspace Stylist πŸ‘“ (TWS) (@theworkspacestylist) on

  1. Berikan Sedikit Gaya Pada Area Kerjamu

Bekerja bukan berarti tidak bergaya! Usir aura membonsankan dengan mendekorasi meja kerjamu dengan pajangan ataupun aksesoris sesuai dengan personality-mu. Aksesoris meja yang terbuat dari bahan metal dan kristal membuat tampilan mejamu sungguh stylish dan mewah lho. Jika ingin unsur yang hangat dan nyaman, bisa memasang aksesoris yang terbuat dari anyaman ataupun kain.

 

 

 

  1. Kursi Penunjang Produktifitas

Banyak sekali pilihan kursi kerja yang tentunya bergaya dan sangat cantik jika dipajang di workspace-mu. Ups, tapi cek dulu apakah kursi yang stylish tersebut apakah benar-benar nyaman untuk digunakan berjam-jam. Demi kelancaran bekerja dan kesehatan, pilihlah kursi yang benar-benar nyaman dan tentunya menopang punggung dengan baik; hal ini untuk mencegah sakit punggung juga.

 

Workspace Inspo and Image Regram thanks to @smackbangdesigns based in Australia.πŸ’šπŸ’›πŸ’š Holy wow😍😍😍…is what we thought when we saw this incredible workspace studio of @smackbangdesigns a Design and Brand Elevating Team. What a fab place this must be to work!πŸ‘πŸ‘ This team knows the importance of a great studio vibe starting with an awesome workspace design, styling and those plants are just amazing…so great for the heart and soul! πŸ’šπŸŒΏπŸ’š Thanks @smackbangdesigns we love your workspace style!πŸ’šπŸ’›πŸ’š

A photo posted by The Workspace Stylist πŸ‘“ (TWS) (@theworkspacestylist) on

  1. Berikan Sentuhan Tanaman

Menurut feng shui, unsur tanaman pada ruang kerja sangatlah baik. Untuk itu, janganlah lupa untuk selalu menaruh 1-2 jenis tanaman di meja kerjamu. Tanaman seperti lidah mertua dan sirih gading sangatlah baik sebagai pembersih udara. Bunga segar dan lavender juga selain memberikan aroma yang manis untuk ruangan, juga bisa menambah kecantikan area kerjamu. Namun, jika kamu bukan orang yang telaten untuk mengurus tanaman, kaktus dan sukulen menjadi opsi yang tepat karena sangat low maintenance.

Workspace Inspo and Image Regram thanks to Ania @30wtrampkach based in Poland.❀❀❀ It’s been awhile since we featured a workspace from beautiful Poland and we love this workspace nook created by Ania an Interior Blogger. We are big fans of Inspo Boards and Inspo Quotes…what you read and see everyday becomes engrained into your life so keep things positiveπŸ’‘βœ… and tell doubt to go take a hikeπŸƒ! Thanks Ania for the great inspo we love your workspace style!❀❀❀

A photo posted by The Workspace Stylist πŸ‘“ (TWS) (@theworkspacestylist) on

  1. Pajang Quotes Motivasi

Seringkali kita merasa buntu dan malas saat mengerjakan pekerjaan di rumah. Disaat itu juga kita terkadang terdistraksi yang menimbulkan penundaan dalam bekerja. Cara mudah untuk mengusir rasa bosan dan malas tersebut bisa diatasi dengan memajang quotes positif yang terus memotivasi kita. Pajanglah quotes yang mengingatkan akan mimpi-mimpi dan pencapaian, niscaya kita tidak akan malas lagi.

 

  1. Stay Clean, Neat, and Organize

Area kerja yang baik adalah area yang selalu bersih dari sampah, rapi dan terorganisir dengan baik. Simpanlah alat tulis menurut jenisnya, letakkan kertas bekas pada wadah khusus, dan buatlah tempat khusus untuk dokumen masuk dan keluar. Laci meja harus terorganisir dengan rapi menggunakan pemisah laci. File-file diberi map khusus yang dilabeli dan buanglah kertas atau dokumen yang sudah tidak terpakai. Free your workspace from clutter!

 

  1. Tentukan Waktu

Time management merupakan salah satu kunci kesuksesan bekerja dari rumah. Jika kita tidak menentukan kapan kita harus bekerja kapan harus beristirahat dengan baik, tentunya banyak pekerjaan yang akan tertunda. Selalu tulis list pekerjaan sehari sebelumnya dan disiplin dengan waktu yang sudah ditentukan untuk bekerja.

 

A photo posted by rcf (@saricaesari) on


Nah, dari beberapa tips tersebut semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba bekerja dari rumah, kebetulan saya juga salah satu orang yang senang dan pelaku kerja dari rumah. Tips ini juga bisa diaplikasikan ke para mahasiswa yang sedang pusing skripsi lho! Jadi, silakan dicoba!

 

 

 

 

Written by : Rizky Caesari Febriyanti