8- Puncak Semeru

Perjalanan Menuju Puncak Gunung Semeru

Hafidz Saputra
August 30, 2016

 

Diperlukan waktu sekitar 7 hari untuk mendaki puncak gunung semeru pulang – pergi. Sebaiknya membawa bekal untuk satu minggu karena kita akan betah berkemah, bisa jadi karena pemandangan dan suasana yang sangat indah di gunung semeru. Untuk pendaki yang berasal dari Jakarta, perjalanan menuju malang dapat ditempuh dengan kereta api yang berangkat sekitar pukul 14.00 WIB. Disela-sela perjalanan dengan kereta api anda juga dapat menikmati pemandangan berupa sebuah persawahan yang terbentang di pulau Jawa. Setibanya di stasiun malang sekitar pukul 08.00 WIB (Perjalanan 1 hari dengan kereta api) langsung bergegas naik angkot menuju pasar tumpang, disinilah tempat dimana beberapa mobil Jeep dan mobil sayur yang siap untuk membawa para pendaki menuju Pos Ranu Pani yang merupakan desa terakhir di kaki Gunung Semeru.Ranu Pane            Sesampainya di desa ranu pane dengan ketinggian 2.200 mdpl, disini terdapat  Pos pemeriksaan, terdapat juga warung dan pondok penginapan namun para pendaki juga dapat bermalam di pospenginapan. Perjalanan dari pasar tumpeng menuju Pos Ranu Pane bisa memakan waktu sekitar 2-3 Jam perjalanan tergantung siklus cuaca tersebut. Setelah pendaki mengurus surat izin pendakian (Simaksi), mungkin para pendaki yang baru pertama kali akan bingung menemukan jalur pendakian, dan hanya berputar-putar di Ranu Pani, untuk itu setelah setelah sampai di gapura selamat datang, perhatikan terus ke kiri kea rah bukit, jangan mengikuti jalanan yang lebar ke arah kebun penduduk. Selain jalur yang biasa dilewati para pendaki, juga ada jalur pintas yang biasa dipakai para pendaki local, jalur ini sangat curam.

Jalur awal yang kita lalui cukup landai, menyusuri lereng bukit yang didominasi dengan tumbuhan alang-alang. Tidak ada penunjuk arah jalan, tetapi terdapat tanda ukuran jarak pada setiap 100m. Banyak terdapat pohon tumbang dan ranting-ranting diatas kepala, sehingga kita harus merundukkan kepala, tas keril yang tinggi sangat tidak nyaman. Setelah berjalan sekitar 5 Km menyusuri lereng bukit yang banyak ditumbuhi bunga edelweiss, kita akan sampai di Watu Rejeng. Kita akan melihat batu terjal yang sangat indah, kadang kala kita dapat menyaksikan kumpulan asap dari puncak Gunung Semeru. Untuk menuju danau Ranu Kumbolo kita harus menempuh jarak sekitar 4,5 Km, sebaiknya setiba nya di danau Ranu Kumbolo kita beristirahat dan mendirikan tenda.Kumbolo

          Dari Ranu Kumbolo sebaiknya menyiapkan air sebanyak mungkin. Meninggalkan Ranu Kumbolo kita akan mendaki bukit yang terjal, dengan pemandangan yang sangat indah dibelakang arah Danau Ranu Kumbolo. Didepan bukit kita dapat melihat terbentangnya padang rumput yang luas dengan ditumbuhi pohon-pohon lavender, bukit ini dinamakan Oro-oro Ombo (Padang Savana). Selanjutnya kita akan memasuki hutan cemara dimana kadang-kadang kita menjumpai burung dan kijang, banyak terdapat pohon yang tumbang sehingga kita harus melangkahi dan melewatinya, daerah ini dinamakan Cemoro Kandang. Setelah melewati Pos Cemoro kandang sampailah kita di Pos Kalimati, Pos Kalimati ini sendiri mempunyai ketinggian 2.700 mdpl, disini kita dapat mendirikan tenda untuk beristirahat dan mempersiapkan fisik. Kemudian kita harusmeneruskan pendakian pada Malam hari sekitar pukul 24.00 WIB. Pos ini berupa padang rumput luas di tepi hutan cemara, sehingga banyak tersedia ranting untuk membuat api unggun.

Pada malam hari sekitar pukul 24.00 WIB, kita harus mempersiapkan diri untuk menuju puncak Gunung Semeru. Sebelum menuju puncak gunung semeru, kita harus melawati Pos Arcopodo yang merupakan batas vegetasi pada gunung semeru. Dari arcopodo menuju puncak gunung semeru memerlukan waktu sekitar 3-4 Jam, melewati bukit pasir yang sangat curam dan merosot. Semua barang bawaan sebaiknya kita tinggal di Pos Kalimati atau Arcopodo. Pendakian menuju puncak dilakukan pagi-pagi sekitar pukul 02.00 WIB dari Arcopodo, sebelum menuju puncak gunung semeru kita dijumpai makam bernama Soe Hok Gie. Setelah menjumpai makam baru kita mendaki keatas gunung semeru dengan tingkat dingin sekitar -5 derajat celcius, perjalanan menuju puncak memang terasa sangat sulit, selain medan nya yang curam dan lintasan yang dilewati berupa pasir yang dapat menghambat pendaki menuju puncak Gunung Semeru. Disela-sela pendakian kita juga dapat melihat ribuan bintang yang membentang diatas langit yang dapat membuat semangat para pendaki untuk mencapai puncak gunung semeru. Sekitar pukul 05.00 WIB para pendaki sudah dapat sampai di puncak gunung semeru, di puncak Gunung Semeru kita dapat melihat Sunrise dan kepulan debu vulkanik yang dihembuskan gunung semeru setiap 15 Menit sekali, ini yang dinamakan Wedhus Gembel oleh para pendaki lokal. Diatas kita dapat melihat awan yang menyelimuti kawah-kawah dan bukit-bukit serta kita dapat melihat puncak Gunung Bromo.

 

Kalimatii Puncak

 

 

Hafidz Saputra