11-tips-cerdas-interview-kerja

Tips Cerdas Interview Kerja

Agnes #HepiMommy
November 10, 2016

TIPS CERDAS INTERVIEW KERJA

 

Tahun ini Hepi.inc melakukan beberapa recruitment baik itu untuk internal management ataupun untuk client project. Banyaknya pelamar membuat kami sangat bersemangat dan rajin melakukan sesi interview dengan para calon pegawai tersebut.

Dari sesi interview itu menginspirasiku untuk menuliskan Notes ini. Pasti kan menjelang tahun 2016 pasti banyak yang bercita – cita pindah kerja, alih profesi atau menaikkan jenjang karier. Semoga postingan pagi ini berguna yah!

Berikut tips sederhana ala #hepimommy untuk persiapan interview kerja :

  1. Dandan maksimal secakep yang kamu bisa tapi jangan berlebihan. Anggep aja ini kaya kencan pertama sama orang yang udah kamu tunggu – tunggu banget. Jangan lupa tanya pendapat orang terdekat sebelum berangkat; temen sekamar, kakak – adik, orang tua, etc. Siapkan baju semalam sebelum interview jadi ada persiapan untuk setrika dan cek kondisi baju kita dulu. Kesiapan ini bisa mengurangi rasa panik kita juga plus menambah kepercayaan diri. Tampilan rapi dan bersih akan jadi poin plus tersendiri.
  2. Latihan di depan kaca. Ga cuma aktris atau pemain teater yang perlu latihan di depan kaca, kita juga perlu latihan memperkenalkan diri loh sebelum interview. Apalagi kalau sekiranya interview akan menggunakan bahasa asing makin perlu lah kita latihan. Dengan berlatih di depan kaca kita pun makin mengerti di mana kekurangan yang musti kita perbaiki. Browsing saja list pertanyaan yang biasa ditanyakan interviewer, siapkan jawabannya dan latihanlah di depan kaca. Untuk orang pendiam; latihan ini sangat baik supaya ga gugup. Untuk orang cerewet; latihan ini sangat baik supaya tidak meracau ke mana mana saat menjawab.
  3. Baca kembali CV mu. Jangan lupa bahwa kamu akan mempresentasikan CV mu seperti layaknya seorang entrepreneur menjual idea bisnisnya ke investor begitulah keadaan yang sama untuk kamu yang akan menjual “talenta dan potensimu” kepada perusahaan yang membutuhkannya. Coba baca kembali CV mu, cermati kembali di strength, weakness dan experiences yang kamu ceritakan di sana. Selanjutnya aku akan menuliskan notes tentang “Career Plan” sebagai panduan ringan supaya karir kita tetap berkembang menuju mimpi terbesar kita, ingetin kalau aku lupa nulis ya hihi.
  4. Be Positive! Tinggalkan semua yang negatif; pemikiran, kata – kata, ketakutan, etc. Lupakan semuanya and be happy. Mulai dengan tersenyum tulus saat bertemu interviewer, genggaman tangan yang mantap dan pilihan kata – kata yang positif. Big NO untuk menceritakan keburukan perusahaan tempat kita pernah bekerja, bekas bos kita, ataupun politik kantor yang kita alami. Sebaliknya sampaikan keinginan kita untuk berkembang, belajar dan mencari pengalaman baru.
  5. Kenali Potensi dan diri kita. Kebanyakan fresh graduate memang mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka tapi sayangnya pada saat interview mereka nampak tidak yakin dengan apa yang mereka bisa apalagi mereka belum punya pengalaman kerja. Sebaiknya kita paham dulu, apa yang kita suka, passion kita di mana, kelebihan kita di mana, apa yang ingin kita pelajari dari pekerjaan yang kita lamar. Jawab dulu pertanyaan – pertanyaan itu sebelum berangkat interview. Kalau kamu sendiri tidak yakin dengan dirimu sendiri bagaimana orang lain bisa yakin untuk mempekerjakanmu?
  6. Jangan ragu untuk menentukan ekspektasi Salary. Kalau sama sekali belum pernah bekerja maka bisa browsing untuk salary fresh grad di profesi yang sama atau paling tidak sesuai dng standart UMR. Penentuan Salary ini ada hubungannya sama point “kenali potensi dan diri kita” karena kita harus tahu diri supaya tidak terkesan jual mahal padahal talentanya belum pantas di tingkat salary yang diminta. Prinsipku pribadi dulu saat fresh grad adalah Gaji tidak usah terlalu wah namun di pekerjaan tersebut bisa mendapatkan banyak knowledge tersendiri maka itu akan jadi “tambahan salary”. Bekerja dengan baik, tunjukkan potensi dan tingkatkan jenjang karier. Biasanya untuk tiap kenaikan jenjang karier aku menetapkan kenaikan 20% dari gaji.
  7. Jangan menyerah! Diundang ke sesi interview saja itu sudah merupakan sebuah pencapaian, kalau setelah itu belum berhasil mendapatkan pekerjaannya ya anggap saja latihan. Ingatlah bahwa rejeki sudah dijamin Tuhan, kita hanya perlu terus berusaha, berdoa dan jangan patah semangat!

Nah segitu dulu ya tipsnya, kalau mau nanya – nanya lebih lanjut boleh email ke agnes@hepi-inc.net atau malah pengen jadi entrepreneur? hayukkkk banged dehh ngobrol! hihi.

Semangat pagi para pencari rejeki, jangan cuma menjalani hidup tapi memaknai hidup yah!

 

much love

#hepimommy