5 Tren Perilaku Konsumen Indonesia, Apa Saja?

perilaku netizen

Jika kamu berencana merintis bisnis atau sedang memikirkan strategi marketing yang jenius, salah satu hal yang harus dipelajari atau dipahami adalah tren perilaku konsumen.

Karena apa yang menggerakkan konsumen untuk membeli barang atau menggunakan jasa bisa menjadi gambaran, seperti apa ‘pasar’ yang potensial atau barang/jasa apa yang punya potensi besar untuk dijual di ‘pasar’ yang potensial tersebut.

Perilaku konsumen selalu berbeda-beda setiap tahunnya, tapi ada beberapa yang mengulangi tren-tren dari tahun sebelumnya dan ini bisa dijadikan gambaran bagi para pelaku usaha untuk mengenal perilaku konsumen mereka.

Berikut adalah tren perilaku konsumen Indonesia beberapa waktu terakhir yang telah HepI Inc. rangkum dari beberapa sumber. Yuk, intip!

1. Konsumen memiliki aspirasi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya

Aspirasi masyarakat semakin lama semakin tinggi  dan beragam terhadap barang/jasa yang dipilih. Tak hanya bermanfaat, masyarakat juga mencari kenyamanan, nilai emosional yang lebih tinggi, dan bahkan ‘nilai barang/jasa’ yang lebih tinggi dengan alasan ‘status’.

Misalnya saja saat permintaan masyarakat terhadap jasa Grab-Car atau Go-Ride meningkat. Masyarakat yang menggunakan jasa tersebut bisa merasakan bagaimana punya supir pribadi atau punya mobil (bagi yang belum punya atau belum pernah naik mobil pribadi).

Nah, pelaku bisnis masa kini harus mampu menyediakan barang/jasa untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin  merasakan pengalaman yang belum pernah mereka alami sebelumnya tersebut.

2. Faktor F yaitu Fans/Followers, Friends, Family

Jika dulu pebisnis berbondong-bondong menyebarkan promosi sebanyak-banyaknya, kini mereka harus memperhatikan berapa banyak follower atau subscriber yang dimiliki, dan seberapa tinggi engagement mereka.

Percuma bisa mendapatkan banyak saluran untuk beriklan jika faktor F tak berhasil dipenuhi. Karena faktor ‘F’ ini adalah kunci untuk mempertahankan konsumen lama sekaligus menarik kepercayaan konsumen baru.

3. Konsumen mudah menemukan sesuatu

Di zaman sekarang, masyarakat mudah melakukan pencarian lewat smartphone. Hal ini membuat masyarakat lebih mudah menemukan barang/jasa yang menarik perhatian mereka.

Ketika menemukannya, tentu masyarakat ingin mencari tahu lebih banyak barang/jasa tersebut.  Ini yang menjadi alasan penyematan UPC Barcodes atau QR Codes pada iklan atau TV komersial agar masyarakat bisa langsung mengakses informasi yang diinginkan.

Nah, kamu bisa merespons dengan menyediakan jasa untuk memenuhi kecenderungan masyarakan yang mudah menemukan sesuatu tersebut, seperti Location-Based Services, NFC, Digital Wallet, dan Augmented Reality.

4. Memiliki keinginan besar untuk stand out

Meski masyarakat masa kini menyukai sesuatu yang ringkas tapi berkualitas, sebagian besar masih memiliki perilaku yang dinamis. Dalam artian, mereka masih mempertimbangkan tren yang berlaku juga agar dianggap ‘kekinian’ atau mengikuti perkembangan zaman.

Melihat perilaku konsumen yang seperti ini, pelaku bisnis harus mampu melakukan behavioral tracking (menelusuri situs-situs apa atau konten-konten apa yang diakses oleh pengguna internet) untuk menentukan segmentasi pasar.  Menguasai Google Analytics dan Facebook Insight sangat membantu dalam menjawab tren perilaku konsumen seperti ini.

5. Konsumen merindukan peran offline

Sekarang semua serba online, strategi marketing jadul dilupakan saja. Yakin? Padahal, membangun koneksi online dan offline ternyata sama-sama penting. Karena bisa jadi kesempatan malah muncul dari peran offline.

Jangan pernah mengesampingkan peran offline! Jika ingin memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan sebaik-baiknya, kamu harus bisa menarik semua pasar potensial di medium apa pun, entah itu online atau secara offline. Mengingat persaingan pasar yang ketat, pelaku usaha harus berfokus pada konsumen dan memahami betul apa yang konsumen inginkan. Semoga ulasan di atas bisa memberikan insight dan memudahkanmu dalam menyusun strategi marketing yang jenius, ya !

Love This Post

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of