5 Trik Cermat Kembangkan Brand dengan Budget Marketing Minim

Sebuah brand butuh berkembang. Kita tahu itu. Tapi bagaimana jika kita hanya memiliki modal yang tak cukup banyak, bahkan pas-pas-an?

Baik, yang kita butuhkan adalah strategi dan semangat untuk belajar. Di sini kamu perlu atur, strategi pemasaran apa yang kira-kira cocok untuk diterapkan ke brand-mu tanpa harus mengeluarkan budget banyak.

Kamu bisa rutin sharing dengan teman yang sama-sama punya bisnis, tanya jawab langsung ke konsultan bisnis, atau sering-sering baca artikel tips dan trik bisnis seperti ini. Kali ini, Hepi Inc akan menjelaskan langkah-langkah cermat yang harus kamu tempuh untuk mengembangkan brand dengan budget minim. Simak terus ya!

1. Tentukan pesan yang ingin disampaikan kepada pelanggan

Hal fundamental yang harus kamu lakukan adalah menentukan pesan apa yang ingin disampaikan. Ini merupakan langkah awal yang penting untuk membentuk brand awareness. Tanyakan pada dirimu: kamu ingin brand-mu diingat sebagai apa atau seperti apa? 

Pesan yang dimaksud di sini meliputi segala hal yang ada pada brand-mu. Pesan biasanya disampaikan melalui kata-kata secara tekstual atau logo secara visual. Pesan tidak hanya seputar produk atau jasa yang kamu tawarkan tapi juga dapat mewakili kepercayaan, prinsip, visi, misi bahkan budaya brand. Sebaiknya, sampaikan pesan melalui cara-cara yang luwes agar mudah diterima ya.

2. Melakukan survey

Setelah menentukan apa isi pesan, langkah berikutnya adalah memikirkan bagaimana cara menyampaikan isi pesan tersebut. Caranya tentu ada banyak. Tapi untuk mengetahui cara apa yang paling pas digunakan untuk brand, kamu harus melakukan survey.

Survey untuk mengembangkan brand ini dapat meliputi apapun, Hepi People. Namun, tetap prioritaskan pada survey yang paling kamu butuhkan terlebih dahulu. Di tahap ini, kamu perlu survey pasar atau survey pelanggan.

Survey pelanggan bisa dilakukan secara online atau offline, tergantung siapa target pasar yang ingin kamu bidik. Adapun tiga jenis pelanggan yang sangat perlu kamu survey adalah pelanggan pertama, pelanggan ‘impian’, dan mantan pelanggan. Pertanyaan mendasar seperti bagaimana kesan mereka terhadap brand-mu, masalah apa yang dialami mereka terkait brand-mu, dan solusi apa yang diinginkan.

Meski memerlukan waktu yang cukup lama, tapi langkah ini sangat penting untuk brand-mu dalam jangka panjang lho.

3. Dapatkan pelanggan secara gratis dengan media sosial

Media sosial dapat dimanfaatkan untuk menggaet pelanggan secara gratis. Untuk mendapatkan pelanggan secara gratis melalui media sosial, tentunya kamu perlu mengeluarkan effort lebih. Misalnya, menggunakan akun pribadimu sebagai sarana awal untuk mengenalkan brand ke teman dan kerabat. Lalu, mengoptimalkan fitur-fitur bawaan di platform media sosial tersebut untuk berpromosi.

Contohnya jika brand-mu ‘bermain’ di Instagram, kamu bisa meluaskan jangkauan postinganmu dengan menggunakan hashtags yang relevan, berkomentar pada calon pelanggan, dan tarik minat calon pelanggan dengan memberinya likes.

4. Buat atau ikuti acara offline seperti pameran atau bazar

Cari kegiatan offline yang kira-kira pengunjungnya sesuai dengan target pasar. Kemudian ikuti kegiatan tersebut entah pameran, bazar, workshop, dan lain-lain. Di sini mungkin kamu akan mengeluarkan sedikit budget marketing. Tapi tenang saja, acara yang sesuai dengan target pasar itu worth to fight for! 

Budget ini mungkin akan kamu gunakan untuk mencetak brosur atau menyewa booth. Kalau di kegiatan offline yang sifatnya besar, usahakan brand-mu tampil outstanding ya. Syukur-syukur kalau bisa diliput secara gratis oleh media.

5. Selalu ukur dan pelajari

Setelah kamu melakukan berbagai cara untuk mengembangkan brand dengan budget minim tersebut, cobalah untuk menganalisis. Poin mana yang paling berhasil, poin mana yang terlalu memakan banyak effort sementara hasilnya tidak terlalu memuaskan, apa yang harus kamu benahi, dan lain-lain.

Penting untuk mengetahui sudah sejauh mana keberhasilan brand-mu. Kamu juga harus terus belajar baik dari kesalahan maupun dengan ilmu-ilmu baru tentang bisnis setiap harinya. 

Perlahan tapi pasti, semoga dengan menerapkan kelima trik ini brand-mu bisa terus berkembang ya. Semangat, Hepi People!

Love This Post

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of