Alasan-Alasan Kenapa Generasi Milenial Sering Pindah Kerja

Pekerjaan menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh seorang yang telah lulus dari bangku pendidikan. Mencari pekerjaan bukan hal yang mudah, karena semakin banyak pengangguran yang juga ingin mendapat pekerjaan.

Namun, beberapa tahun belakangan, terdapat suatu fenomena menarik dimana pekerja sering berpindah kerja dalam waktu yang singkat. Fenomena ini banyak terjadi di generasi milenial, atau generasi yang lahir di tahun 1980an – 1997.

Mengapa bisa begitu ya? Apakah kamu salah satunya? Berikut adalah alasan-alasan kenapa generasi milenial sering pindah kerja.

1. Ingin tahu berbagai hal yang ada di dunia


Salah satu karakteristik generasi milenial adalah cenderung tertarik dengan hal-hal baru yang ada di sekitarnya. Hal ini terjadi karena teknologi internet yang membuat akses informasi dengan mudah bisa didapat. 

Karakter milenial yang penasaran dengan hal baru memberikan kecenderungan bagi mereka untuk menemukan tempat kerja yang lebih menarik. Bahkan, ketika seorang mendapatkan tempat kerja yang cukup menyenangkan, ia cenderung akan mencari yang lebih baik lagi.

2. Terpacu untuk mengembangkan kemampuan diri

Milenial juga dikenal dengan generasi yang produktif, khususnya dalam hal mengembangkan kemampuan kerja. Generasi milenial cenderung akan mempelajari sesuatu dengan bersemangat, hingga mereka merasa menguasai hal yang dikerjakan.

Ketika mereka merasa telah menguasai suatu skill, mereka tak akan takut untuk mengambil risiko dengan memilih untuk berpindah kerja. Dengan bermodal skill yang telah dikuasai, mereka memilih mengembangkan karir dan mengembangkan diri lebih jauh lagi.

3. Seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

Hal lain yang dicari oleh generasi milenial adalah keseimbangan antara hidup dan karir, atau yang biasa dikenal dengan istilah work-life-balance. Generasi milenial cenderung merasa kalau pekerjaan bukan sebuah hal yang mengekang mereka.

Kalau kamu merasa tidak nyaman untuk bekerja penuh waktu karena merasa lelah, mungkin kamu salah satu dari generasi ini. Milenial lebih menyukai pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote atau tele-computing. Generasi ini pada umumnya lebih menekankan pada aspek task-oriented ketimbang time-oriented.

4. Ingin punya pekerjaan fleksibel dan nyaman tapi tetap menghasilkan

Buat kamu seorang milenial, peraturan bukanlah hal yang kamu sukai. Apalagi peraturan yang bersifat mengekang dan wajib, seperti seragam dan jam keluar masuk kantor. Kamu justru lebih bersemangat ketika tak ada peraturan yang bisa membatasi kamu untuk berkreasi dan menelusuri hal baru. Iya, kan?

Oleh karena itu, generasi milenial lebih menyukai tempat kerja yang tidak membosankan. Dengan suasana kerja yang fleksibel dan nyaman, kamu bisa bekerja dengan baik.

5. Ingin punya atasan yang memberikan pengetahuan lebih, bukan sekadar perintah

Keinginan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan membuat milenial lebih memilih bekerja dengan atasan yang bisa membimbing. Kamu akan lebih menyukai atasan yang memberimu arahan dan saran untuk setiap tugasmu, dan bukan yang hanya memberi tugas.

Wawasan, terutama untuk hal baru dan yang ingin dikuasai, menjadi nilai penting untuk kamu dalam bekerja. Sehingga, selain mencari uang kamu juga akan mendapat pengalaman dan ilmu baru yang siap kamu tingkatkan di kemudian hari.

6. Fokus dan tidak suka menunda

Generasi milenial bukan sekelompok orang yang sabar dengan keadaan tertentu. Kamu cenderung akan membandingkan kondisi kamu yang sekarang dengan yang bisa kamu dapatkan di tempat kerja lain.

Hal ini membuat kamu tanpa berpikir panjang berkeinginan untuk pindah kerja. Tak bisa sabar ini sering kali berujung pada keputusan yang tergesa-gesa, dan gegabah. Namun, disisi lain melakukan sesuatu dengan cepat juga berarti kamu sudah membuat progres atas apa yang kamu kerjakan.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa generasi milenial suka pindah kerja, mereka ini kadang disebut ‘kutu loncat’ oleh generasi yang lebih tua. Kecenderungan suka pindah kerja ini tentu memiliki sisi baik dan buruknya. 





Love This Post

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of