Berencana Jadi Influencer Terkenal? Yuk, Terapkan 7 Tips Ini Agar Cepat Terkenal

Menjajal profesi influencer? Kenapa tidak! Menjadi influencer tak melulu untuk mengejar kepopuleran semata, banyak sekali hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika menjalani profesi ini.

Misalnya, jika kamu seorang seniman atau berkecimpung di dunia seni, menjadi influencer bisa menjadi jalan untuk menyuarakan karya unik atau pemikiranmu pada dunia.

Kamu seorang fashion addict? Jangan sembunyikan bakatmu, pamerkan pada semua orang keahlianmu dalam melihat tren fashion atau bahkan menciptakan tren terbaru.

Suka membuat tulisan yang bisa membangkitkan semangat atau menghibur orang? Tak ada salahnya untuk berbagi kebaikan dengan menyebarkannya.

Begitulah seharusnya influencer, memberikan influence atau impact pada masyarakat dengan membagikan hal bermanfaat.

Nah, keuntungan lain yang didapat, sesuatu yang tadinya hanya sebuah hobi bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Nilai plus-nya lagi, kamu melalui ide-ide kreatifmu jadi lebih dikenal oleh banyak orang. Lumayan, bukan?

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang influencer? Kamu mungkin bisa mencoba langkah-langkah ini agar bisa menjadi influencer yang menginspirasi banyak orang.

1. Ketahui apa kelebihan dan minat kamu

Sebelum menjajal profesi ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ‘tema’ besar yang ingin disampaikan. Maksudnya, apa sih yang ingin kamu bagikan untuk audience-mu kelak?

Tentu saja hal tersebut harus berkaitan dengan sesuatu yang kamu minati atau setidaknya sesuatu yang betul-betul kamu kuasai. Karena akan sulit jika kamu menjadi influencer yang ‘ikut-ikutan’ tren.  Bukannya tidak mungkin, tapi jika tidak menguasai dengan baik bidang tersebut, kamu akan sulit berkompetisi dengan influencer lain.

2. Membagikan banyak ilmu atau pelajaran

Seperti yang sudah Hepi Inc. singgung sebelumnya, seorang influencer harus membagikan sesuatu yang bermanfaat pada audience. Tak hanya meramu konten dengan menarik, apa yang ada dalam konten juga harus mengandung sesuatu yang bermanfaat atau relevan untuk keseharian.

Misalnya, membagikan ilmu tentang makeup dan skincare, membagikan rahasia menarik seputar masak-memasak, tips marketing atau public speaking mungkin, atau apa pun yang sesuai minatmu dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

3. Percantik feed instagram

Informasi atau konten yang disampaikan dengan menarik tentu lebih menarik perhatian banyak orang, Selain isi konten yang bermanfaat, kamu juga harus memperhatikan tampilan feed Instagram agar lebih menarik lagi. 

Tak ada salahnya untuk mulai belajar editing tools seperti Adobe Light Room, Photoshop, atau editing tools sederhana seperti VSCO dan Snapseed. Kamu juga harus konsisten mengupload konten yang sesuai dengan tema besarmu.

Misalnya, jika kamu fokus sebagai influencer traveling, bagikan hal-hal yang berkaitan dengan traveling saja. Jangan upload foto yang tak berkaitan di Instagram  saat sedang membangun branding-mu.

4. Mengikuti tren yang sedang hits

Sebagai influencer, kamu harus lebih peka dengan tren yang berkaitan dengan media sosial. Tren ini tak hanya yang berhubungan dengan tema konten yang perlu dibuat melainkan juga platform media sosial apa saja yang lebih diminati ke depannya.

Dengan begitu, kamu bisa menjajal variasi konten yang tentunya akan membantu dalam meraih jangkauan audience yang lebih luas.

5. Memperluas networking

Ingin akun media sosialmu dapat exposure yang lebih luas? Networking itu penting!Kamu bisa memperluas networking dengan rajin memberikan komen atau mengajak influencer lain berkolaborasi, misalnya.

Kamu juga bisa datang ke event yang sesuai dengan minatmu karena kemungkinan besar influencer lain akan hadir di sana. Tak ada salahnya kan untuk menjalin networking sekaligus menambah teman dan ilmu baru?

6. Konsisten dan selalu berinteraksi

Rahasia sukses menjadi seorang influencer adalah konsisten dalam mengunggah konten. Kamu bisa membuat rencana konten apa saja yang ingin diunggah setiap bulannya agar tahu kapan harus mulai membuat konten baru tanpa harus bingung mencari topik.

Konsistensi ini juga harus ada dalam konten kamu. Teruslah mengunggah konten berkualitas dan kalau perlu kualitas foto/videonya harus meningkat dari waktu ke waktu agar kamu tidak kalah saing dengan influencer lainnya. Menjadi influencer yang menginspirasi bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam satu atau dua bulan saja. Terus gali ide kreatif agar kamu bisa menghasilkan konten terbaik dan bermanfaat sehingga bisa meng-influence audience secara positif.

Sumber: Glints

Love This Post

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of