Cara-Cara Menghilangkan Kantuk di Kantor

Setelah jam makan siang atau di sore hari mendekati jam pulang kantor, sebagian besar orang pasti merasa lelah, mengantuk, atau mulai kehilangan konsentrasi pada pekerjaannya karena rasa kantuk tadi.

Kondisi ini mungkin tak akan berdampak besar jika pekerjaanmu telah dirampungkan atau pekerjaan tak membutuhkan konsentrasi tinggi dan kesempurnaan.

Jika tidak, rasa ngantuk yang tak tertahankan bisa berakibat fatal. Apalagi jika ketahuan menguap beberapa kali atau parahnya ketiduran di meja kantor.

Buat kamu yang sering diserang rasa kantuk di jam-jam penting kantor, Hepi. Inc punya beberapa tips sederhana untuk mengusir rasa kantuk tersebut.

Kamu bisa mencoba salah satu cara di bawah ini agar pekerjaan tak terbengkalai gara-gara rasa kantuk tak terhankan. Yuk, langsung saja kita simak tips-nya berikut ini.

1. Olahraga ringan seperti jalan kaki sebelum berangkat kerja

Jika kamu merasa ngantuk padahal baru datang di kantor alias masih pagi, cobalah untuk ‘pemanasan’ dulu sebelum berangkat kerja. Maksudnya, pastikan kamu berolahraga ringan atau bergerak agar mendapat cahaya matahari pagi dan udara yang sejuk.

Nah, salah satu bentuk olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah dengan berjalan kaki. Kamu bisa nih berjalan kaki di area luar kantor sebelum masuk. Jika kamu menggunakan kendaraan umum atau transportasi online, jangan turun tepat di depan kantor. Turun di titik yang bisa memungkinkanmu untuk berjalan kaki.

2. Jenuh bikin ngantuk, istirahat sebentar di sela-sela pekerjaan

Rasa kantuk yang menyerang bisa jadi karena kamu sedang jenuh. Untuk menghilangkan kejenuhan sekaligus mengusir rasa kantuk yang datang, cobalah untuk istirahat sebentar di sela-sela pekerjaan. Kamu mungkin bisa mengecek media sosial sebentar, mendengarkan musik atau melihat video musik, atau mengobrol sebentar dengan teman kantor.

Setelah pikiran fresh kembali, baru deh kamu melanjutkan pekerjaan lagi. Namun ingat ya, jangan terlalu lama istirahatnya. Cukup ambil beberapa menit saja.

3. Bikin kopi atau teh di pagi hari

Cara terampuh untuk menghilangkan kantuk adalah dengan mengonsumsi kafein. Kafein bisa menjadi stimulan yang meningkatkan produksi adrenalin dan menghambat zat kimia yang menyebabkan kantuk.

Kafein tak hanya ada pada kopi. Kalau kamu tidak bisa minum kopi atau tidak suka kopi, konsumsilah secangkir teh, cola, atau minuman berenergi.

4. Pastikan di ruangan yang terang

Ternyata, ruangan yang gelap atau kurang pencahayaan bisa membuat seseorang mudah mengantuk. Jika ruanganmu punya jendela dengan pencahayaan yang baik, biarkan cahaya alami tersebut masuk ke dalam ruangan dan duduklah di area yang punya pencahayaan bagus.

Jika ruanganmu mengandalkan bantuan lampu untuk pencahayaan, kamu bisa keluar sejenak untuk mendapatkan paparan sinar matahari.

5. Siapkan makanan ringan yang sehat

Kamu bisa membantu menghilangkan ngantuk di kantor dengan mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Pilihlah makanan ringan yang tidak mengandung banyak gula atau karbohidrat, karena ini justru membuatmu mudah ngantuk. Konsumsilah makanan ringan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, yogurt, atau rujak pedas untuk membuat matamu melek kembali.

6. Biar semangat, dengarkan musik favorit kamu

Obat ngantuk selanjutnya adalah mendengarkan musik. Kamu bisa langsung mendengarkan musik favorit saat mulai mengantuk. Namun usahakan memilih musik yang membuatmu bersemangat, karena musik yang bisa membuatmu bergerak atau menari ‘ringan’ lebih ampuh mengusir kantuk dan membuatmu lebih produktif.

7. Tidur teratur

Kalau  terus menerus diserang rasa kantuk saat bekerja, mungkin ada yang salah dengan kualitas tidur kamu. Kebiasaan begadang akan menghancurkan waktu tidur yang berdampak pada performamu keesokan harinya. Pastikan untuk memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang ada untuk kamu tidur dengan nyenyak. Rasa kantuk terkadang datang di saat yang tidak tepat. Jika dia datang saat kamu harus menyelesaikan banyak pekerjaan, lakukan 7 hal di atas untuk mengusirnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😉

Sumber: glints.com

Love This Post

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of