Pemburu Magang Kerja, Ada Baiknya kamu Magang di Perusahaan Startup Karena 5 Alasan Ini

Sebelum betul-betul terjun ke dunia kerja atau saat merasa ragu karena pengalaman kerja di CV dirasa kurang mampu menarik perhatian HRD, tak ada salahnya untuk berburu program magang kerja. Terutama buat kamu yang mendekati lulus atau baru lulus dan belum memiliki banyak pengalaman kerja profesional.

Ya, mengikuti program magang, baik dibayar atau tidak dibayar, akan membuka peluang bagi seseorang sebelum “mencicipi” dunia karier secara profesional. Lewat dunia permagangan ini kamu bisa membuka peluang untuk karier profesional ke depannya.

Kamu bisa memilih ingin magang sesuai dengan jurusan yang digeluti saat kuliah atau sesuai dengan karier yang ingin dibangun ke depannya. Nah, untuk yang sedang berburu magang kerja, dan bingung memilih akan magang di mana, tak ada salahnya untuk mendaftar magang di perusahaan startup.

Perusahaan startup kini menjadi salah satu perusahaan favorit anak muda karena startup dinilai memiliki kultur perusahaan yang lebih menyenangkan dan memberikan banyak keuntungan terutama pada mereka yang sedang mencari pengalaman.

Hepi. Inc telah merangkum beberapa sisi positif magang di perusahaan startup. Simak yuk, ulasannnya berikut ini.

1. Perusahaan startup memberikan kamu banyak pengalaman baru

Perusahaan startup punya model bisnis yang cukup unik, di mana para pekerjanya akan terus ditantang untuk menemukan ide atau solusi baru dalam menyelesaikan masalah bisnis. Magang di lingkungan seperti ini akan mengasah ide-ide kreatif dan potensi terpendam yang selama ini tak kamu sadari.

Bekerja di startup juga bisa menambah pengalamanmu karena bukan menjadi hal yang mustahil jika kamu dituntut untuk  bisa mengerjakan banyak pekerjaan berbeda. Inilah yang melatih kamu agar bisa  multitasking sekaligus fleksibel terhadap berbagai jenis tantangan dalam pekerjaan.

2. Waktu kerja yang fleksibel

Serunya magang di perusahaan startup adalah kamu  tidak terikat waktu kerja pada umumnya. Dalam artian, jam kerjanya jauh lebih fleksibel dan tak menuntut kamu untuk berada di kantor dari pagi hingga sore alias nine to five.

Perusahaan startup cenderung memberikan jam kerja yang fleksibel agar karyawannya memaksimalkan kinerja. Jika pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dalam waktu singkat, karyawannya tak perlu berada di kantor selama 8 jam sehari.

3. Tak hanya waktu kerja yang fleksibel, kamu bisa kerja remote

Selain bebas mengatur waktu kerja sesuai dengan ‘jam nyaman’ kamu, kerja di perusahaan startup juga enggak harus datang ke kantor setiap hari. Terdapat beberapa perusahaan startup yang memberikan kesempatan pada karyawannya untuk bekerja di luar kantor alias remote.

Nah, hal ini sangat menguntungkan jika kamu masih berstatus mahasiswa dan tak bisa datang ke kantor setiap hari karena mungkin ada kuliah dadakan atau harus bimbingan dengan dosen. Karena tak harus ke kantor, kamu bisa memanfaatkan waktu perjalanan yang tak terpakai untuk melakukan tugas-tugas lain.

4. Berlatih berpikir kritis

Dari proses inilah bos dan karyawan bisa bertukar ide dengan porsi lebih banyak dan kamu pun jadi tertantang untuk berpikir kritis setiap waktu.

Budaya kerja di startup cenderung terbuka, meski ada alur komando yang jelas tak ada hierarki yang kaku antara bos dan karyawan. Karyawan pun  bebas mengemukakan pendapat atau idenya tanpa harus takut dengan bosnya.

5. Suka mencoba berbagai hal. Jika gagal, coba lagi

Karena dituntut untuk selalu menelurkan ide-ide kreatif, kamu akan sering bertemu kegagalan. Uniknya, kegagalan ini tak akan membuatmu patah semangat. Sebaliknya, mengalami kegagalan saat bekerja di perusahaan startup akan membuatmu penasaran untuk menemukan solusi terbaiknya.

Tentunya hal ini juga didukung budaya perusahaan yang menggembleng karyawannya menjadi pribadi tangguh dalam menghadapi kegagalan. Dan pengalaman ini yang nantinya sangat bermanfaat buat kamu saat terjun langsung ke dunia profesional yang sesungguhnya.

Program magang bisa menjadi batu loncatan dan fondasi untuk karirmu kelak. Dan magang di perusahaan startup bisa memberikan banyak pelajaran berharga yang membantumu dalam beradaptasi dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Selamat berburu magang kerja!

Sumber: Mebiso

Love This Post

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of