3 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Unik, Biar Pembaca Betah Berlama-lama di Situs Kamu!

cara menulis artikel

Aktivitas blogging atau nge-blog semakin hari semakin diminati banyak orang. Ya, tak hanya mereka yang berkeinginan menjadi penulis saja yang berbondong-bondong memamerkan karya di blog atau website pribadi.

 Blog atau website pribadi kini menjadi sarana bagi banyak orang untuk mencari koneksi, menjadi populer, atau bahkan sarana untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Meskipun membuat blog terkesan mudah (karena sudah banyak situs yang memudahkan kita mengelola blog atau website secara otodidak), membuat pembaca betah berlama-lama atau rajin mampir di blog kamu bukanlah hal yang mudah.

Selain tampilan blog atau situs yang menarik, artikel dan informasi yang ada dalam blog atau situs kamu juga harus ‘unik’ dan ‘menjual’. Nah, mungkin sekarang kamu bertanya-tanya, artikel seperti apa sih yang menarik dan bias membuat pembaca betah berlama-lama? Simak ya ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti semua orang

Bahasa yang terlalu berbelit-belit atau ‘ketinggian’ bisa membuat orang cepat bosan dan memilih untuk meninggalkan situs kamu. Ya, kecuali kamu memang mengkhususkan situs untuk niche tertentu. Namun, jika pengin situsmu dikenal atau dibaca semua kalangan, apalagi anak muda, gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti.

Jika ingin menulis artikel yang ‘berat’ sekalipun, gunakan bahasa atau diksi yang mudah dimengerti. Penggunaan bahasa yang sederhana, dalam artian tidak bertele-tele dan jelas, akan memudahkan pembaca dalam memahami topik yang kamu bahas. Dengan begitu, pembaca enggak akan ragu untuk mampir kembali ke situsmu.

2. Cobalah banyak membaca buku atau referensi lain

Salah satu kunci agar artikel kamu berkembang adalah dengan membaca sebanyak-banyaknya. Ya, dengan banyak membaca, tak hanya pengetahuan baru saja yang akan kamu dapat, tetapi juga bisa menambah perbendaharaan kata serta membantumu menemukan gaya tulisan yang kiranya menarik.

Tulisanmu mungkin sedikit kaku pada awalnya. Nah, untuk membuatnya lebih enak dibaca pembaca, cobalah untuk membaca buku atau referensi lain sebanyak-banyaknya. Kamu pun bisa membaca banyak situs yang memiliki konsep serupa dengan situsmu.

3. Tawarkan gaya bahasa yang unik pada pembaca

Cara penyampaian yang unik bisa membuat pembaca betah berlama-lama atau makin rajin mengunjungi situsmu. Ya, kamu harus bisa menemukan keunikan dari tulisanmu, misalnya saja gaya bahasanya yang khas.

Bagaimana cara mendapatkan gaya bahasa yang khas? Semua kembali lagi ke poin sebelumnya, kamu harus banyak membaca agar bisa menemukan ‘bentuk’ tulisan yang cocok untuk situsmu.

Itulah tadi tiga cara mudah untuk membuat pembaca atau pengunjung situs betah berlama-lama membaca tulisanmu. Memang sih, untuk mendapatkan pembaca setia bukanlah hal yang mudah. Namun dengan menerapkan tiga hal di atas, tulisanmu perlahan-lahan akan menjadi lebih baik.

Oh ya, rajin-rajinlah menulis jika ingin menghasilkan artikel yang professional dan menarik untuk situsmu. Selamat mencoba, ya!

Love This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *