Banyak Manfaat Bekerja di Coworking Space. Hmm…Apa Saja Sih? Mari Kita Cari Tahu!

coworking space

Berkembangnya industri startup, memunculkan tren baru di kalangan pengusaha dan penggiat startup, yaitu layanana co-working space. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi ya mendengar istilah ini karena sering diucapkan di mana-mana. Namun, sebenarnya apa sih co-working space itu?

Co-working space atau ruang bersama adalah sebuah tempat yang mempertemukan individu-individu yang memiliki latar belakang pekerjaan atau bisnis. Mereka menggunakan co-working space sebagai kantor; bisa karena tim-nya memang sedikit atau mereka adalah individu yang bekerja sebagai freelancer profesional (yang membutuhkan ruang kerja dengan suasana yang mendukung produktifitas kerja).

Biasanya nih, co-working space dimanfaatkan para founder startup untuk berkoordinasi bersama tim kecilnya. Selain itu, individu yang memiliki bisnis digital atau freelancer profesional (seperti yang telah disinggung sebelumnya) juga memanfaatkan co-working space sebagai kantor kedua—selain rumah mereka.

Karena kebutuhan tersebut, co-working space pun kini bermunculan di mana-mana. Apa sih yang membuat co-working space begitu penting dalam kehidupan masyarakat saat ini? Berikut adalah 4 keuntungan yang didapat saat bekerja co-working space.

1. Harga sewa yang lebih terjangkau

Co-working space menggunakan prinsip economy sharing yang membuat harga sewa yang diberikan menjadi jauh lebih murah dibanding harga sewa kantor konvensional. Dengan fasilitas dan iklim kerja yang mendukung, tarif co-working space dipatok mulai dari Rp 50.000/per harinya atau Rp 1—2 juta/per bulan. Bagi startup kecil atau individu, hal ini tentu saja bisa menghemat pengeluaran dan dana pun bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih penting.

2. Dapat menambah relasi baru

Karena sekantor dengan banyak startup, individu, atau pegiat usaha lainnya, tentu saja kamu akan bertemu banyak orang dari berbagai kalangan. Dari sinilah akan terjadi interaksi, kolaborasi atau bahkan  terjalin relasi antar satu startup atau individu dengan startup atau individu lainnya.

Tak hanya itu saja, dari acara yang sering diselenggarakan co-working space juga memungkinkan kamu untuk bertemu dengan ahli bisnis hingga investor. Lumayan bukan?

3. Suasanakerja nyaman

Meskipun pada dasarnya adalah ruang kerja, image co-working space jauh berbeda dengan kantor pada umumnya. Co-working space menawarkan suasana kerja yang nyaman dan homey. Berasa kerja di kafe atau di rumah sendiri, deh.

Beberapa co-working space juga menyediakan fasilitas hiburan seperti fasilitas play station, ping pong, atau biliar. Benar-benar bisa menghilangkan suntuk saat bekerja, ya.

4. Dapat memicu untuk lebih produktif

Karena enggak dibatasi sekat-sekat atau kubikel layaknya kantor pada umumnya, co-working space bisa memicu kamu untuk berinteraksi, berdiskusi dengan rekan kerja lain atau kenalan dan berbagi wawasan dengan rekan dari perusahaan lain. Satu sama lain bisa saling membantu tanpa adanya batasan-batasan yang berimbas pada produktivitas yang meningkat.

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan bekerja di co-working space, apakah kamu tertarik untuk mencari co-working space yang bisa mendukung usaha kamu?

Love This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *